Senin, 05 Desember 2011

makalah riset perusahaan alfamart

Makalah
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
http://students.bsi.ac.id/logo/logo.gifRiset Perusahaan PT.SUMBER ALFAMART TRIJAYA,TBK.






Di ajukan sebagai salah satu syarat menambah nilai mata kuliah “ SISTEM INFORMASI MANAJEMEN “Dengan Pembahasan riset perusahaan”
“pada semester III:


·    NURMALIYAH              <18100236>
·    NANI OKTAVIANI                <12105971 >
·    AGNES KENANGA         <12106889 >
·    FERANI MIRAYANTI    <12107654>





                           BINA SARANA INFORMATIKA
KAMPUS – CIMONE
TANGERANG

                                 KATA PENGANTAR


Puji syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat, karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat menyelasaikan penulisan makalah ini secara tuntas, walaupun masih banyak terdapat kekurangan.

Selama proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu dari hati yang paling dalam penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan makalah ini.

Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan, baik dari segi isi maupun dari segi penulisanya. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi kesempurnaan makalah ini.


                                                  Tangerang,8 november 2011











Daftar isi

Kata pengantar
Daftar isi
BAB 1       Pendahuluan
1.1    Latar belakang   
1.2    Metode penelitian
1.3    Maksud dan tujuan

BAB II      Pembahasan
2.1    profil perusahaan
2.2    visi,misi dan kebudayaan perusahaan
2.3    segmentasi dan target
2.4    kebanggan perusahaan
2.5    struktur perusahaan
2.6    produk dan jasa
2.8    pemasaran dan promosi
2.9    pusat distribusi
2.2 analisa perancang program
                3.0 sistem informasi perusahaan
                3.1 sistem operasional took
                3.2 silkus permintaan barang
                3.3 Tool blok perusahaan

BAB III    penutup
                3.5 kesimpulan
                3.2 saran-saran

Daftar  pustaka
Tembusan supervisor dan karyawan alfamart
               


               

BAB 1 PENDAHULUAN

Perkembangan industri bisnis di Indonesia begitu sangat pesat,namun tidak seiring informasi yang menunjang,sangat sulit mencari informasi  perkembangan bisnis di dunia internet.banyak di dunia bisnis yang infonya dapat disearching google  kebanyakan dalam internet  ikalan yang tidak ada hubungan dengan informasi yang kita cari bisnis menengah  secara   umum   adalah  kegiatan usaha menjual aneka barang atau jasa dan  bersentuhan  langsung pada kosumen atau customer secara umum usaha  tidak  membuat barang dan tidak menjual ke pengecer lain akan    tetapi   dalam praktik usaha bisnis modern saat ini tidak tertutup kemungkinan banyak pengecer kecil membeli di gerai agen-agen,mengingat perbedaan  harga yang muncul pada waktu-waktu promosi tertentu yang dilakukkan oleh usaha besar.bisnis usaha di Indonesia secara umum dapat diklasifikasi menjadi dua modern dan tradisional .usaha modern sebenarnya merupakan pengembangan dari usaha kecil tradisional,yang para praktiknya mengaplikasikan kosep  yang modern,pemanfaatan tehnologi dan akomodasi perkembangan gaya hidup dimasyarakat(konsumen) sehari-hari.

Semakin banyak perusahaan menawarkan produk barang dan jasa maka konsumen  memiliki pilihan yang banyak,dengan demikian kekuatan tawar menawar konsumen semakin besar oleh karena itu, perusahaan harus mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen,kemudian berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut hasil pemasaran suatu perusahaan dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk maju dan mundurnya perusahaan.harapanya pelanggan diyakini mempunyai peranan yang besar menentukan kualitas produk dan kepuasaan pellanggan,penelitian ini memilih alfamart sebagai obyek penelitian karena konsep  perdagangan eceran yang diciptakan oleh alfamart yang dirancang untuk memuaskan para konsumen ditambah dengan fasilitas-fasilitas pelengkap seperti tenant,parker gratis bahkan adanya diskon berbelanja dengan menggunakan kartu aku,maka alfamart benar-benar merupakan suatu alternative tempat berbelanja keluarga,alfamart memulai sejarahnya berdiri sebagai perusahaan dagang produk DJOKO SUSANTO dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikan  dijual kepada PT.SAMPOERNA pada desember 1989. struktur kepemilikan  berubah menjadi 70%,PT SAMPOERNA tbk dan 30% PT.SIGMANTARA ALFINDO(keluarga DJOKO SUSANTO) alfamart pertama mulai beroperasi  di jl.beringin jaya ,karawaci,tangerang.banten,jumlah alfamart bertumbuh pesat hingga mei 2011, jumlah gerai alfa sebanyak 4000unit gerai,jumlah gerai sebelumnya menargetkan bias membuka 600gerai.hingga tahun lalu,jumlah gerai mereka sebanyak 3.373 alfa akan mengembangkan pembukaan di beberapa wilayah Indonesia timur.

Menurut SURANTO dan ANAND MIFTACHUR RIZA(2005) dalam konteks kepuasaan pellanggan tentang apa yang akan diterimanya.dengan demikian harapan pellangan yang melatar belakangi mengapa dua organisasi bisnis yang berbeda oleh pelanganya dirumuskan factor apa yang membedakan perilaku dalam membeli.

Menurut suryamojo(2006) dalam keyataanya koperasi pegawai yang belum mampu mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan,apalagi untuk dapat bersaing  dengan pelaku usaha yang lain. Berbagai faktor yang mempengaruhi jumlah dan berkembang koperasi misalnya:kualitas keangotaan,peluang usaha serta memecahkan masalah yang muncul,sehingga pengelolaan koperasi tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan para anggotanya maupun kebutuhan sekitarnya.masih senatiasa berusaha  meningkatkan kualitas pelayanan kepada paraangotanya sebagai konsumen.dengan melakukkan strategi pemasaran yang baik serta mempelajari beragam karakteristik perilaku konsumen.



1.1 LATAR BELAKANG

 Minimarket alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer ,sekunder selebihnya semacam supermarket dan hypermart .tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat utuk itu kami selaku kelompok ingin mengetahui dan mempelajari system informasi dan memajang barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengat melakukan riset setidaknya kelompok kami mengamati, melihat mempelajari ,memperhatikan walaupun sekedarnya,dan memperaktekan system-system yang ada.

1.2 metode penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelusuran langsung kesuatu perusahan suatu cabang alfamart,metode pengumpulan makalah ini dari websait alfamart,dan situs-situs di internet seperti google.com.menurut kelompok kami dari ketiga itu sudah cukup untuk bahan-bahan pembuatan suatu makalah.

1.3  Maksud dan tujuan
Maksud dan tujuan penulis ini adalah agar bias bermanfaat bagi penulis dan pembaca dengan adanya tugas riset ke instansi kepihak swasta diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan kedalam dunia usaha pada saat selesai study nanti serta dapat menambah pengalaman dan pengetahuan yang setidak nya untuk kami ataupun rekan-rekan kami.ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan kesempatan untuk melakukkan riset pembelajaran kami di perusahaan swasta.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1Profil perusahaan

Data tentang perusahan adalah data yang didapat pada saat data tersebut terdapat dari suatu perusahaan yang belum dikelola.

Data yang dikelolah adalah data yang  masuk kedalam subsistem dan sudah dikelolah dengan mengunakan system database. Maka dapat mengelolah dan membangun dengan suatu usaha menengah yang sedang kami proses dan membuat suatu cabang-cabang di daerah lingkungan sekitar anda,dan perusahan kami mengunakan database basic untuk mengetahui program harga yang diberikan kepada konsumen dan memberikan pelayanan kebutuhan sehari –hari yang baik dalam menangani sebuah pelayanan konsumen yang ada diusaha kami(alfamart) ini.

Manfaat bagi konsumen:
Ø Memberikan pelayanaan yang baik
Ø Memberikan kebutuhan sehari hari dan memberikan harga yang pas.
Ø Memberikan harga puas dan paz.

Didalam system informasi yang digunakan dalam hal system informasi keuangan dengan guna untuk meyelengarakan dan mengelolah suatu keuangan dalam perusahaan.sedangkan dalam pembelanjaan kasir perusahaan kami mengunakan pemograman database untuk mengetahui kode dan harga yang perusahan kami jual.




Sejarah perusahaan
Alfamart adalah sebuah brand minimarket peyediaan kebutuhan hidup sehari-hari oleh PT.sumber alfaria trijaya,tbk. Pada tahun 1989 merupakan awal berdirinya alfamart,dengan mulainya usaha dagang rokok dan barang –barang konsumsi oleh DJOKO SUSANTO dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikanya dijual kepada PT.HM Sampoerna pada tahun 1989.pada tahun 1994 struktur kepemilikan berubah menjadi (70%) dimiliki oleh PT.HM Sampoerna tbk dan (30%) dimiliki oleh PT.Sigmantara alfindo(keluarga djoko susanto)
PT.Alfa minimart utama(amu) didirikan pada tanggal 27 juli 1999,dengan pemegang saham PT.Alfa retailindo,tbk sebesar (51%) dan PT.Lancar distrindo sebesar sebesar (49%),PT.Alfa minimart utama(amu) ini kemudian membuka alfa minimart pada tanggal 18 oktober 1999 berlokasi jalan beringin raya,karawaci.tangerang.
Pada tanggal 27 juli 2002,PT HM Sampoerna tbk secara resmi merestrukturisasi kepemilikanya sahamnya diPT.Alfa retailindo yang semula (54,40%) dikurangi menjadi(23,4%) disisi lain,perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai mengarap serius pasar minimarket yang selama ini belum tergarap melalui alfa.
Pada tanggal 1 agustus 2002,kepemilikan beralih ke PT. sumber Alfaria trijaya dengan pemegang saham PT.HM Sampoerna ,tbk sebesar (70%) dan sigmantara alfindo sebesar (30%) kemudian nama alfa minimart diganti menjadi alfamart pada 1 januari 2003.pada tahun 2005 jumlah gerai alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam 6 tahun semua took berada dipulau jawa.

awal  tahun 2006 PT.HM sampoerna,tbk menjual sahamnya,sehingga struktur kepemilikan menjadi PT. Sigmantara alfindo(60%)dan PT.cakrawala mulia prima(40%) mendapat sertifikat Iso9001:2000 untuk system manajemen mutu”
petengahan 2007 Alfamart,sebagai jarang minimarket pertama diindonesia yang memperoleh sertifikat Iso 9001:2000 untuk system manajemen mutu.jumlah gerai mencapai 2000 toko dan telah memasuki pasar lampung.
Awal 2009 menjadi perusahaan public tgl 15 januari 2009 dibursa efek Indonesia disertai dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki pasar bali. 



·         http://www.alfamartku.com/site/wp/getFooterImage/38http://www.alfamartku.com/site/wp/getFooterImage/16
·         http://www.alfamartku.com/site/wp/getFooterImage/34http://www.alfamartku.com/site/wp/getFooterImage/23http://www.alfamartku.com/site/wp/getFooterImage/31



                                                                                       






VISI, MISI DAN BUDAYA
VISI
Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang memiliki oleh masyarakat luas berorientasi kepada pemberdayaan usaha kecil,memenuhi kebutuhan,harapan konsumen,serta mampu bersaing global.
.
Misi
1.   Memberikan kepuasan pada pellanggan /konsumen dengan berfokus pada  produk pelayanan yang berkwalitas unggul.
2.   Selalu menjadi yang terbaik  dalam segala hal yang dilakukkan dan selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnis yang tertinggi.
3.   Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wisatawan dan kemitrausahan.
4.   Membangun organisasi global yang terpercaya,tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan,pemasok,karyawan,pemegang saham dan masyarakat umum.
Budaya
Integritas tinggi
Inovasi untuk kemajuan lebih baik.
Kualitas&produktivitas yang lebih tinggi.
Kerjasama time.
Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang baik.

Motto “belanja puas,harga pas”







Segmentasi dan target
Segmentasi adalah cara membagi atau memilih suatu pasar yang ingin kita layani dengan mempertimbangkan factor-faktor tertentu seperti geografi,demografi dan psikografi
SEGMENTASI
Alfamart merupakan perusahaan jasa distributor eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan luas kurang dari 250 m².
Target  adalah satu atau lebih segmen pasar yang akan menjadi sasaran pasar(target market)
TARGET GEOGRAFIS (Di mana mereka berbelanja)
• Area perumahan
• Fasilitas publik
• Gedung perkantoran
DEMOGRAFI (Siapa yang berbelanja)
• Ibu rumah tangga
• Anak-anak
• Kelas menengah (SES B & C)
PSIKOGRAFI (Mengapa mereka berbelanja)
• Kenyamanan
• Lingkungan yang ramah
• Memilih sendiri sebelum membeli





Kebanggan perusahaan
Kebanggan adalah suatu unggulan tersendiri yang diperoleh dari hasil kerja selama bertahun-tahun untuk bermotivasi lebih maju lagi.
Kebanggan perusahan adalah:
  1. memiliki pelanggan yang banyak
  2. pelopor dan pemimpin pasar dalam bisnis minimarket modern.
  3. sudah memiliki jaringan,tempat dan jumlah toko yang paling banyak dan terus bertambah.
  4. menerima penghargaan dan sterfikat –sertifikat dan muri pada tahun 2010 s/d 2011 yang diterima oleh perusahaan alfa sebagai terbanyak bekerja sama kepada sponsor.





















STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
Struktur organisasi
      
       IT
 
PROVETY DEVELOPMENT
 
MERCHANDISING
 
  MARKETING
 
OPERATION
 
 I

 








                                     





Tugas  masing-masing dari struktur organisasi:

1.BOARD OF COMMISIONERS
a)  melakukan pengawasan atas jalanya dan memberikan nasihat kepada direktur.
b)  Dalam melakukkan tugas dewan direksi pada kepentingan perusahan dan sesuai dengan maksud dan tujuan perusahaan.
c)  Kewengan khusus dewan komisaris bahwa dewan komisaris dapat diamatkan dalam anggaran dasar untuk melaksanakkan tugas-tugas tertentu direktur.
d)  Membuat risalah rapat dewan komisaris dan meyimpan salinan rapat.
e)  Melaporkan kepada perusahaan kepada kepemilikan pengawasan yang telah dilakukkan.
f)   Memberikan laporan tentang tugas-tugas pengawasan yang telah dilakukkan.

2.AUDIT COMMITE
a)  Melakukan penelaan terhadap informasi keuangan yang diterbitkan.
b)  Penelaan atas ketaatan perusahaan terhadap undang-undang dibidang pasar modal dan dibidang lain yang relevan.
c)  Melakukkan penelaan terhadap indepedensi dan objektivitas akutan public.
d)  Penelaan terhadap kecukupan pemeriksaan yang dilakukkan oleh  public untuk memastikan semua resiko yang penting telah dipertimbangkan.
e)  Melakkukan juga terdapat pengaduan yang terdapat yang berkaitan dengan perusahaan.





3.BOARD OF DIRECTORS
a)  Memipin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan.
b)  Memilih,menetapkan,mengawasi tugas-tugas dari karyawan dan kepala bagian(manajer).
c)  Meyetujui anggaran tahunan perusahan

4.CORPORATE AUDIT.
a)  Meyediakan penipuan deteksi,invertigasi dan pengalaman forensic akutansi dan keahlian untuk program monitoring.
b)  Mengembangkan dan menetapkan prosedur investigasi dengan tren yang tidak bias atau pola dan anomaly untuk disposisi.
c)  Berinteraksi dengan manajer senior.
d)  Mendokumentasi kertas dan hasil audit & kelibatan konsultan.

5.CORPORATE LEGAL
a)  Mengurusi urusan rups dan perubahan anggaran.
b)  Mereview usulan pembuatan/perubahan sop.
c)  Mengawal ketentuan dan peraturan baru.

6.OPERATION.
a)  Mengawasi kegiatan operasi
b)  Mengawasi keberadaan serta kondisi mesin dan peralatan.
c)  Membuat produk yang dipesan.
d)  Membuat keputusan harian sehubung dengan kegiatan di Alfamart.






7.MARKETING
a)  Bertanggung jawab terhadap bagian pemasaran.
b)  Bertanggung jawab terhadap peroleh hasil penjual dan pengguna dan promosi.
c)  Sebagai kordinator manajer produk dan manger penjualan.
d)  Membuat laporan pemasaran kepada direksi.

8.MERCHANDISING
a)  Memajang/mendisplay dan menata produk .
b)  Menjaga kebersihan produk dan pajangan.
c)  Menjalankan semua program promosi perusahaan.
d)  Menjalankan tugas kunjungan sesuai dan rencana kerja.

9. PROPERTY DEVELOPMENT
a)  Mengkordinasikan kegiatan pengendalian property dan lingkungan diwilayah usaha perusahaan dan lingkunganya.
b)  Meyelenggarakan pengelolahan data dan peyimpanan dokumen asli property.
c)  Meyiapkan laporan kegiatan divisi secara benar dan tepat waktu.

10.IT
a)  Bertanggung jawab memelihara system jaringan.
b)  Mengoptimalisasi perangkat it atau server yang ada di alfamart

11 FINANCE.
a)  Membuat ,memeriksa dan mengarsip faktur,nota supplier,laporan AP/AR untuk memastikan status utang piutang.
b)  Membuat ,mencetak tagihan dan surat tagihan untuk memastikan tagihan terkirim kepada pellanggan dengan benar dan tepat waktu.
c)  Menerima memeriksa tagihan dr vendor dan membuat rekapanya untuk memastikan pembayaran terkirim tepat waktu.

12.HUMAN CAPITAL
a)  Memperbaiki dan memperhatikan mutu karyawan.
b)  Meyediakan tenaga yang ahli dan sesuai dengan bidangnya masing-masing.




13COPORATE DEVELOPMENT
a)  Bertugas merencanakan ,merancang dan meyajikan presentasi yang menarik dan proposal untuk pendekatan bisnis baru.
b)  Memberikan bantuan monitoring kepada penjabat fundraising perusahaan.

14.FRANCHISE
a)  Meyediakan tempat usaha dan modal sejumlah tertentu bergantung pada sejumlah tertentu bergantung pada jenis waralaba yang akan dibeli.
b)  Menjaga image produk waralaba.

15.CORPORATE AKHIR.
a)  Bertanggung jawab untuk semua komunikasi internal dan eksternal.
b)  Mengurus hal-hal seperti bulletin karyawan,laporan bisnis tahun siaran pers.




PRODUK DAN JASA
Produk
Eksentasi perkembangan alfamart di dukung oleh merchandising dalam menangani pemilihan ,pengadaan dan pengembangan barang serta bekerja sama lebih dari 500 mitra pemasok ,strategi penetapan harga yang tepat serta pengelolaan pemajang produk dan alfamart mengelolah 3000 produk terdiri food ,non food.dan fresh food.

Jasa
System tehnologi mutakir ,alfamart berupaya beragam produk dan jasa inovatif serta perkembangan gaya hidup untuk memastikan kemudahan,keyamanan,kepraktisan,konsumen dalam hemat bbm dalam berbelanja.pengembangan lebih dari 100 produk label harga yang memberikan harga ekonomis dengan adanya agenda berbelanja dalam satu minggu di alfa dan kualitas prima memberikan nilai tambahan bagi konsumen alfamart.




















Profile Kartu Aku

MEMBER ALFAMART
 Adalah sebutan untuk para pelanggan setia Alfamart. Para member Alfamart akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dan kejutan special dari Alfamart seperti: HematKu, Kalender Belanja, Specialku dan Hadiahku,serta program ekslusif lainnya. Member Alfamart adalah pelanggan yang memiliki dan bergabung dalam keanggotaan Kartu AKU, A Card Flazz atau Kartu AKU BNI.

> Kartu AKU
Adalah kartu member yang pertama kali diluncurkan Alfamart pada tahun 2005. Dengan Kartu AKU, Member akan dapat memperoleh manfaat dan berbagai macam keuntungan serta promo-promo menarik yang tidak dapat diikuti oleh pelanggan lain yang bukan merupakan member Kartu AKU. Kartu AKU berlaku Nasional di Alfamart seluruh Indonesia. Kartu aku memberikan kelebihan –kelebihan berbelanja beserta diskon –diskon menarik dengan menu kalender alfamart,setiap minggu dengan tanggal-tanggal yang disediakan.dalam brosur promosi yang dibagikan pada meja kasir saat pembayaran pembelajaan.



> Kartu AKU BNI
Merupakan salah satu Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 1 Januari 2010, merupakan kerjasama antara Alfamart dengan Bank BNI. Kartu AKU BNI merupakan kartu multifungsional, yang selain berfungsi sebagai kartu member, juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Pengguna Kartu AKU BNI juga akan mendapatkan berbagai keuntungan dan kejutan spesial dari Alfamart serta tentunya dapat mengikuti program-program eksklusif khusus member di Alfamart. Untuk saat ini, Kartu AKU BNI berlaku di Alfamart Jabodetabek.

> A Card Flazz
Adalah Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 15 Mei 2010 bekerja sama dengan Flazz BCA, yang selain berfungsi sebagai kartu member juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran/transaksi karena A Card Flazz merupakan Kartu Prepaid (kartu non rekening yang dapat menyimpan uang untuk keperluan berbagai transaksi).
A Card Flazz dapat digunakan sebagai alat pembayaran tidak hanya diseluruh outlet Alfamart, Alfamidi ataupun Alfaexpress tetapi juga diseluruh merchant Flazz antara lain restoran, salon, toko buku, parkir, bioskop dan masih banyak lagi. Untuk sementara ini, A Card Flazz berlaku di Jabodetabek, Surabaya dan Bandung.

BENEFIT OF “MEMBER ALFAMART”
> HematKu dan Kalender Belanja
Program ini adalah program khusus Member Alfamart, dimana member akan mendapatkan potongan harga khusus member untuk produk-produk tertentu sesuai dengan periode promosi. Dengan menunjukkan Kartu Member di kasir saat melakukan pembayaran, maka otomatis Member akan mendapatkan potongan harga untuk produk-produk tersebut. Untuk info produk HematKu dan Kalender Belanja terdapat di leaflet Alfamart yang terbit setiap dua minggu sekali atau poster yang ada di Alfamart terdekat.

> SpesialKu dan HadiahKu
Sesuai dengan namanya, Specialku merupakan produk-produk special yang di hadirkan hanya untuk Member Alfamart. Produk-produk SpesialKu ini, hanya dapat di beli oleh Member Alfamart dengan menunjukkan Kartu Member pada saat melakukan pembayaran di kasir.
Sedangkan HadiahKu adalah program hadiah langsung atau undian yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart. Member akan mendapatkan token yang akan di undi untuk mendapatkan hadiah tertentu atau Member akan mendapatkan hadiah langsung sesuai dengan program atau promo yang sedang berlangsung. Member dapat mengetahui jumlah token melalui SMS ke nomor 0817-111-234 dengan mengetik : TOKEN (spasi) Nomor Kartu atau dengan menghubungi Customer Care Alfamart di 0-800-1-234-234.

> Special Big Program For “Member Alfamart”
Program ini adalah program promo khusus member dengan periode yang relatif lebih panjang, minimal 1 bulan,program ini khusus untuk member, mekanisme program bisa berupa Fair (misalnya P&G fair, Kalbe Nutritional fair,dll) ataupun Program tahunan khusus member yang tentunya sudah sangat dikenal “Bukti Kasih Untuk Anda” yang dikenal dengan BKUA

> Redemption For “Member Alfamart”
Program ini merupakan program tahunan untuk Member Alfamart. Dimana Member akan mendapatkan poin setiap berbelanja min. Rp.50.000 pada periode yang sedang berlangsung. Member dapat menukarkan poin-poin tersebut dengan hadiah ekslusif dan menarik pada periode yang telah ditentukan. Member dapat mengetahui jumlah poin melalui SMS ke nomor 0817-111-234 dengan mengetik : POIN (spasi) Nomor Kartu atau dengan menghubungi Customer Care Alfamart di 0-800-1-234-234.

> “Member Alfamart” Thematic Promo
Promo ini adalah kejutan khusus untuk memperingati hari-hari tertentu (misalnya: Hari Valentine, Hari Pelanggan Nasional, Hari Batik Nasional, dll). Promo ini hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart dengan menunjukkan Kartu Member (Kartu AKU, A Card atau Kartu AKU BNI).

> Special Treatment for “Member Alfamart” Birthday
Program ini khusus untuk Member Alfamart yang berulang tahun. Member terpilih akan mendapatkan kejutan dari Alfamart di hari ulang tahunnya, dengan harapan program ini menjadi best moment yang tidak terlupakan untuk Member Alfamart.

> Special Event/Activities For “Member Alfamart”
Beauty Class, Arisan Gratis, Cooking Class, Buka Puasa Bersama, Factory Visit adalah beberapa event khusus yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart. Para Member diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan menarik di setiap event tersebut yang tentunya akan menjadi pengalaman berharga bagi Member Alfamart. Selain event-event tersebut, akan terdapat lebih banyak lagi event menarik yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart.

> Merchant For “Member Alfamart”
Member Alfamart akan mendapatkan potongan harga, penawaran dan promo menarik di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Kartu Member Alfamart di Indonesia.
Selain itu, dengan A Card FLazz, Member juga dapat menikmati berbagai macam penawaran dan promo menarik di merchant-merchant Flazz BCA di seluruh Indonesia.


Listrik dan tagihan motor fif dan finance f
Sytem tehnologi informasi pada computer alfa telah meyediakan pembayaran listrik secara online begitu juga dengan pembayaran motor yang datangnya jatuh tempo.tentu saja sangat mempermudah dan mempercepat pembayaran bagi konsumen yang tidak ingin membayar tagihan secara jauh –jauh dari lingkunganya.
     Voucher game online
Bagi yang suka game online ini merupakan surat kabar yang mengembirakan bahwa kini alfamart telah meyediakan voucher game online yang dapat dimainkan oleh para pesuka game online,banyak ya game-game yang disediakan oleh alfamart ini diantaranya adalah:
v Gokong
v Fifa online 2011
v Car balap
v Match move games
v Dll.

Target pemasaran alfamart adalah semua kalangan masyarakat di Indonesia yang ingin memberikan kemudahan kepada konsumen dengan ada di dekat lingkunya.strategi pemasarannya diintegritasinya dengan kegiatan promosi yang dijalankan secara berkala dengan berbagai metode sesuai dengan jenis produk dan focus target pasarnya.
  • Kalender belanja “promosi yang diadakan 2minggu sekali memberikan harga mudah dan hemat.
  • Keuntungan kartu aku “memberikan potongan harga dan hadiah khusus yang berpengaruh pada produk tersebut.
  • Belanja puas,harga pas”memberikan kemudahan berbelanja pada konsumen dengan harga pas dan menarik tentunnya”.

Untuk strategi jangka panjang berbagai program yang berkaitan dengan loyalitas konsumen serta pembentukan komunitas.

Dalam meningkatkan brand image berhasil dalam meraih penghargaan dengan piala dunia 2009 yang meyisihkan partikal-partikal besar di Indonesia. Dengan memperoleh  penghargaan brand dan menjadikan gerai alfamart yang tersmi menjual produk-produk yang terpilih,sehingga terpilihnya alfamart berkaitan erat dengan pengalaman menjadikan yang terbaik dalam bidang usahanya.

PUSAT DISTRIBUSI
System distribusi dilakukkan penerapan dengan tehnologi siap antar ke gerai-gerai alfamart dengan menggunakan digital picking system yang memungkinkan alfamart menjalankan distribusi yang handal,canggih,dan efisien .dengan adanya dukungan sumber daya manusia yang ahli dibidang distribusinya keseluruh gerai yang tersebar di Indonesia.dapat terlayani dengan baik sehingga pusat distribusi alfamart menjadi salah satu terbaik di Indonesia.

Pada saat ini alfamart mempunyai 16 pusat distribusi yang merupakan pengadaan produk untuk lebih dari 4000 gerai alafamart.pusat alfamart berada di Jakarta,bekasi,tangerang,depok,bogor,bandung,cirebon,semarang,solo,jogyakarta,Surabaya,wonogiri,malang,lampung,bali,palembang dan medan.
















Analisa perancangan program
Analisa program adalah suatu proses untuk menentukkan tindakan masa depanyang tepat melalui urutan pemilihan dengan perhitungan sumber daya yang tersedia.

Kendala perusahan serta sistemnya.
  • Keterlambatan karyawan tdk tepat waktu dating ke gerai toko alfamart.
  • System bon belanja jarang diberikan karena ketelatan memberikannya.

System informasi perusahaaan.
Lajunya pertumbuhan gerai toko alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan ,dapat terlaksana karena didukung oleh system teritegrasi pada setiap poin of sales(POS) kasir disemua gerai yang mencakup system penjualan,persediaan,dan penerimaan barang.tehnologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan transaksi di masa depan.

Untuk mempercepat pelayanan dan keyamanan belanja dikasir,alfamart menggunakan pemandaian scanner barcode,pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan bca debit,mandiri debit dan berbagai macam bank yang tercantum.

Dalam diadakan distribusi barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate system pada pusat distribusinya.kedua system dan tail gate system pada setiap distribusinya . keduan system ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim maupun barang di gerai alfamart.
Pengendalian operasi toko
Persediaan operasi toko adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna.adapun pengendalian toko tersebut adalah:

1.  pengendalian persediaan
2.  pengendalian penjualan
3.  pengendalian biaya
4.  pengendalian administrasi
5.  pendapat lain-lain
6.  pengendalian lingkungan

menrut sofian mohamad hatta(1993) persediaan dapat didefinisikan sebagai berikut:
persediaan adalah suatu aktiva lancar yang meliputi barang-barang milik perusaahan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha yang sangat normal.

Setiap perusahaan ,perusahan perdagangan ataupun perusahaan pabrik serta perusahan jasa selalu mengadakan persediaan. Tanpa adanya persediaan ,para perusahan akan dihadapikan pada resiko bahwa perusahaanya pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan pelanggan meminta barang /jasa.persediaan diadakan keuntungan yang diharapkan tersebut lebih besar dari pada yang ditimbulkannya.

Silkus permintaan barang
  1. barang yang sudah terjual selama satu hari.
  2. toko mengirim data penjualan.
  3. barang dipajangnya setelah menjadi stock dikeluarkan. Cek kembali menjadi stcok dan sebagian di pajang di etalase toko alfamart.
  4. gudang mengirim data barang yang akan dikirim ke toko
  5. toko menerima data yang dikirim ke gudang dan memperosesnya menjadi stock.
  6. toko mengecek pengiriman barang yang barang yang datang dan memajangnya.
  7. konsumen mengambil barang yang dipajang lalu membayar dikasir.

Tool blok perusahaan
Tool blok perusahaan yang ditetapkan adalah:
1.blok input: alat untuk menerima data.
Contohnya: keyboard,mouse,scanner digital,scanner tembak dll.
2.blok output: alat yang menghasilkan keluaran.
Contoh :printer.
3.blok model :menyangkut materi pemograman,aplikasi sains yang digunakan pemograman yang menggunakan rumus matematika yang sulit aplikasi bisnis untuk mengelolah data.
Contohnya:excel,pemograman visual basic 6.0 dan alfa pos.
4.blok tehnologi:tingkat tehnologi yang diperlukan system informasi termaksud pengguna internet.
Contohnya: penerimaan dan pengiriman data melalui FTP toko.
5.blok database: database yang disusun sangat dipengaruhi oleh kompleksitas.
6. blok control: aspek pengamanan system informasi.
Pengamatan fisik menyangkut pengamatan terhadap kebakaran,gempa bumi.contohnya:pemadam kebakaran,alarem toko,kamera cctv,mati listrik dll.
Pengamatan non fisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus pada software dan server.contohnya: system pertahanan computer dilindungi dengan serangan virus dan paswoord pada setiap systemnya. 




BAB III
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dari kelompok kami kami simpulkan bahwa system informasi manajemen dapat diketahui dan wajib diketahui walaupun sedikit demi sedikit.seluruh mahasiswa/I agar tidak salah jika ingin mengambil suatu keputusan baik untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

Saran-saran
Dalam pembuatan makalah ini kami meyadari masih banyak kekurangan disina sini oleh sebab itu mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulis, dan apabila ada yang kurang atau salah dalam pembuatan makalah ini anda dapat memberikan masukan kepada kami.

5 komentar:

  1. mau tanya, dapat dari mana tugas struktur organisasi itu.
    maksud saya sumbernya. saya juga mau buat penelitian. makasih :)

    BalasHapus
  2. Bisa minta no hp gak, sy mau tanya2 sedikit mengenai makalah seperti ini..
    minta tlng ya, ridwan 089667807376

    BalasHapus
  3. apa Informasi dan Laporan dari alfamart supermarket?

    BalasHapus
  4. minta no nya donk kak soalnya saya juga akan membuat tugas seperti itu
    ada yang mau saya tanyakan

    BalasHapus